"Suporter bisa tetap hidup tanpa klub sepakbola, tapi klub tak akan bisa hidup tanpa dukungan suporter" - nn
Sebuah ungkapan yang hampir diyakini kebenarannya oleh semua insan sepakbola . Sebuah klub pasti membutuhkan dukungan seporter apabila ada laga baik home maupun away.Dengan dukungan fans tersebut dipastikan akan membangkitkan motivasi pemain di lapangan.
Fans disini adalah seporter yang setia pada klub kebanggaan yg dilakukan dengan membeli tiket pertandingan ,memburu jersey,syal dan berbagai macam aksesoris klub maupun seporter klub tersebut. Jadi disini klub membutuhkan fans utk sebagai salah satu pemasukan disamping dari sponsor lain untuk memutar organisasi/klub seperti menggaji pemain dll.
Di tulisan ini saya mau berbagi mengenai "Merchandise dan Bonek" dalam hal ini kita tidak bisa lepas dengan klub besar bernama PERSEBAYA surabaya.
Selain jersey resmi klub yang disupport perusahaan apparel dari England di seputaran Surabaya terdapat banyak sekali toko/distro yang menjual berbagai ragam aksesoris bonek baik yang bersifat umum maupun yang sesuai dengan elemen" bonek yang banyak tersebar di berbagai penjuru Indonesia.
Beberapa lokasi tersebut diantaranya yg dikelola oleh "Green Shop " ada di Jl.Tambaksari di sekitar G10N ,Jl.Simpah Dukuh,Jl.Prapen dan daerah Benowo, selain itu juga ada "Bonek Original" di Jl.Urip Sumoharjo, ada juga distro di daerah Jl.Kertajaya (kalau ga salah di kelola "Bonek Revolution") ,di daerah Pacar Keling juga ada distro bonek dan masih banyak lagi.
Belum lagi yang menjual secara online yang mana sistem penjualan mereka banyak dibantu dg adanya social media semacam FB,Twitter dll yg sangat membantu promosi merchandise tersebut.
Dengan massa (baca: bonek) yang jumlahnya ratusan ribu dipelbagai penjuru potensi ini sangatlah besar apalagi jika dibarengi dengan prestasi PERSEBAYA maka akan sangat berlimpah modal dan keuntungan yg berputar hanya dari merchandise untuk bonek. Tidak bisa dipungkiri bahwa kecintaan bonek terhadap klub jauh melebihi hal lain khususnya bagi arek surabaya.
Disain atau gambar yang dituangkan dalam berbagai aksesoris ini juga beragam dan sangat bagus ditunjang teknologo komputer dan cetak yang semakin maju maka kita sebagai bonek tinggal menyesuaikan ketebalan kantong untuk memilih berbagai macam pilihan yang ada di pasar. Berbagai tema seperti memberi semangat,menjatuhkan rival,bahkan yang parodi pun tersedia.
Hijau adalah warna dominan yang selalu menjadi ciri khas semua aksesoris bonek mulai dari replika jersey,kaos,syal,tas,jaket,kemeja,gantungan kunci,boneka mascot klub,mug dll.
Pelajaran dari Bonek untuk Manajemen Persebaya adalah apabila merchandise resmi klub dikelola dengan baik maka klub juga akan bisa menambah pundi" modal dari aksesoris resmi yang dijual oleh pihak manajemen baik melalui store mereka sendiri (apabila membuka) atau kerjasama dengan store /distro yang ada dengan sistem royalti atau apapun.
"Persebaya adalah Bonek dan Bonek adalah Persebaya"
Merchandise dan bonek adalah bisa menjadi modal yang sangat besar bagi roda ekonomi masyarakat dan persebaya yang harus diikuti dengan prestasi klub itu sendiri dan jangan lupa oleh attitude dari bonek, S1NYAL WANI !!
Fans disini adalah seporter yang setia pada klub kebanggaan yg dilakukan dengan membeli tiket pertandingan ,memburu jersey,syal dan berbagai macam aksesoris klub maupun seporter klub tersebut. Jadi disini klub membutuhkan fans utk sebagai salah satu pemasukan disamping dari sponsor lain untuk memutar organisasi/klub seperti menggaji pemain dll.
Di tulisan ini saya mau berbagi mengenai "Merchandise dan Bonek" dalam hal ini kita tidak bisa lepas dengan klub besar bernama PERSEBAYA surabaya.
Selain jersey resmi klub yang disupport perusahaan apparel dari England di seputaran Surabaya terdapat banyak sekali toko/distro yang menjual berbagai ragam aksesoris bonek baik yang bersifat umum maupun yang sesuai dengan elemen" bonek yang banyak tersebar di berbagai penjuru Indonesia.
Beberapa lokasi tersebut diantaranya yg dikelola oleh "Green Shop " ada di Jl.Tambaksari di sekitar G10N ,Jl.Simpah Dukuh,Jl.Prapen dan daerah Benowo, selain itu juga ada "Bonek Original" di Jl.Urip Sumoharjo, ada juga distro di daerah Jl.Kertajaya (kalau ga salah di kelola "Bonek Revolution") ,di daerah Pacar Keling juga ada distro bonek dan masih banyak lagi.
Belum lagi yang menjual secara online yang mana sistem penjualan mereka banyak dibantu dg adanya social media semacam FB,Twitter dll yg sangat membantu promosi merchandise tersebut.
Dengan massa (baca: bonek) yang jumlahnya ratusan ribu dipelbagai penjuru potensi ini sangatlah besar apalagi jika dibarengi dengan prestasi PERSEBAYA maka akan sangat berlimpah modal dan keuntungan yg berputar hanya dari merchandise untuk bonek. Tidak bisa dipungkiri bahwa kecintaan bonek terhadap klub jauh melebihi hal lain khususnya bagi arek surabaya.
Disain atau gambar yang dituangkan dalam berbagai aksesoris ini juga beragam dan sangat bagus ditunjang teknologo komputer dan cetak yang semakin maju maka kita sebagai bonek tinggal menyesuaikan ketebalan kantong untuk memilih berbagai macam pilihan yang ada di pasar. Berbagai tema seperti memberi semangat,menjatuhkan rival,bahkan yang parodi pun tersedia.
Hijau adalah warna dominan yang selalu menjadi ciri khas semua aksesoris bonek mulai dari replika jersey,kaos,syal,tas,jaket,kemeja,gantungan kunci,boneka mascot klub,mug dll.
Pelajaran dari Bonek untuk Manajemen Persebaya adalah apabila merchandise resmi klub dikelola dengan baik maka klub juga akan bisa menambah pundi" modal dari aksesoris resmi yang dijual oleh pihak manajemen baik melalui store mereka sendiri (apabila membuka) atau kerjasama dengan store /distro yang ada dengan sistem royalti atau apapun.
"Persebaya adalah Bonek dan Bonek adalah Persebaya"
Merchandise dan bonek adalah bisa menjadi modal yang sangat besar bagi roda ekonomi masyarakat dan persebaya yang harus diikuti dengan prestasi klub itu sendiri dan jangan lupa oleh attitude dari bonek, S1NYAL WANI !!
No comments:
Post a Comment