Wednesday, May 23, 2012

Museum (Persebaya) sebuah impian .....


“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah” – Pramoedya Ananta Toer

          Foto : http://dennybolang.wordpress.com

PERSEBAYA ya Persebaya begitu jawaban hampir semua orang ketika diajukan sebuah pertanyaan “apa nama klub sepakbola di Surabaya?”. Ya jawaban itu tidaklah salah dengan reputasi dan prestasi secara Nasional yang telah mengoleksi 5 kali juara di era Perserikatan dan 2 kali juara di era Liga Indonesia.

Sebuah sejarah yang cukup panjang untuk menceritakan dan melukiskannya betapa besar nama sebuah Persebaya. Suka duka tawa tangis bahagia dan sedih merupakan sebuah rangkaian yang dialami para pahlawan bola dengan segala pengorbanan mereka.

Mencari data catatan,buku,biografi atau apapun mengenai Persebaya dan para pahlawannya saat ini sangat sulit kita temui bukan karena sudah jarang akan tetapi sepengetahuan saya tidak ada yang menulis atau mengumpulkan bukti sejarah secara kolektif. Sampai saat ini saya masih belum bisa memahami atau mengerti kenapa banyak penulis handal belum membuat sebuah biografi atau menulis tentang sejarah panjang Persebaya ini secara khusus . Semoga dalam waktu yang tidak lama akan muncul penulis atau buku tentang pemain legenda dan Persebaya itu sendiri.

“Sesungguhnya manusia tidak sama sekali bersalah, karena ia tidak memulai sejarah. Tapi juga tidak sama sekali tanpa salah, karena ia meneruskan sejarah”.- Albert Camus

Sebagai sebuah klub besar kita wajib dan harus selalu mengenal dan menghargai sejarah baik itu pemain,peristiwa,benda atau apapun yang berkaitan dengan sejarah itu sendiri. Untuk itu saya memimpikan sebuah tempat dimana tempat tersebut sebagai suatu ajang berkumpul buat para pecinta dan pemerhati sejarah Persebaya dan juga sebagai tempat penyimpanan barang memorabilia apapun yang berkaitan dengan klub ini.

Tujuan dari tempat yang lebih terkenal dengan sebutan museum adalah sebagai sarana belajar menghormati dan member tempat terhormat bagi para pahlawan dan legenda Persebaya dan juga sebagai ajang belajar untuk generasi yang akan datang.

Ditempat tersebut nanti akan menyimpan beberapa barang misalnya ,bekas jersey pemain,sepatu,sertifikat,medali ,potongan tiket dan apapun yang bisa dikategorikan sebagai sejarah sebuah klub besar bernama Persebaya. Saya mengharapkan semua pihak bisa berpartisipasi dan gotong royong sumbang saran dan apapun untuk mewujudkan ini karena ini akan menjadi suatu pekerjaan besar untuk sesuatu yang mungkin tidak besar tapi saya yakin akan berguna bagi generasi yang akan datang dan kebanggaan bagi Persebaya pada khususnya dan Kota Surabaya pada umumnya.

“Belajarlah dari masa lalu tuk memperoleh pelajaran untuk hari ini, dan dari pelajaran hari ini untuk hidup yang lebih baik di masa depan”. – Anonim





No comments:

Post a Comment