Tuesday, January 8, 2013

Gelapnya Persebayaku ...


“Persebaya tanpa Bonek hambar…Bonek tanpa Persebaya juga hambar”

Hubungan yang hampir tidak bisa dilepaskan bersamaan dengan sejarah keduanya. Saat ini hampir semua bonek mengkritisi apa yang sedang terjadi di tubuh Persebaya , baik itu lewat social media,dan aksi lapangan yang muaranya adalah demi baiknya sebuah rumah bernama Persebaya.

Karena informasi yang sangat kurang kali ini saya akan sedikit menulis beberapa hal tentang tim terutama jadwal ujicoba yang berakhir dengan kegagalan dan persiapan tim saat ini. Disaat tim mulai seleksi akhir September 2012 kemarin banyak sekali “rencana” ujicoba yang diagendakan dan di “janjikan” manajemen kepada semua pihak termasuk bonek.

Dibulan Nopember sedianya Persebaya akan mengadakan semacam Piala Pahlawan dengan mengundang Persib Bandung dan Persepam Pamekasan , kejuaraan ini juga dibatalkan entah kenapa,dugaan saya panitia sendiri belum ada dan tidak ada perencanaan jauh hari diadakannya kejuaraan ini ( baca mendadak ). Ujicoba sebagai bagian dari persiapan sebuah tim pun akhirnya batal. Sebelum wacana Piala Pahlawan tersebut undangan Persebaya ke Persegres juga menemui jalan buntu.

Beberapa kali Persebaya hanya ujicoba dengan tim lokal internal Persebaya.Sementara undangan ikut turnamen Piala Gubernur Aceh juga ada akan tetapi sekali lagi undangan tersebut tidak mendapat respon yang bagus dari manajemen hingga akhirnya Persebaya tidak ikut ajang itu,yang diikuti oleh beberapa klub dari Malaysia dan Brunai. Ada apa juga ini ……?

Persebaya dalam hal ini manajemen juga menggulirkan wacana akan menggelar ujicoba home and away dengan Perak FA dari liga Malaysia mengulang dulu sewaktu melawan Kelantan dan Negeri Sembilan. Dengan dalih karena efek Piala AFF dimana ada sedikit kejadian antara seporter Indonesia dengan Ultras Malaya ,ujicoba ini batal. Alasan yang keluar ke public adalah pihak Perak FA khawatir keselamatan pemain. Padahal di sisi lain ada klub Malaysia juga yang ujicoba di Bantul dan Kudus di tanggal yang berdekatan dengan jadwal home Persebaya dan berlangsung aman.Saya merasa aneh di dalam hal ini….ada apa sebenarnya ???

Beberapa saat setelah seleksi tergelar dan beberapa pemain terpilih manajemen melalui Ram Surahman dan “pelatih” waktu itu Ibnu Grahan mengatakan mendapat undangan dari PS.Sumbawa Barat untuk ujicoba disana. Rencana ini sebenarnya sudah mulus karena secara langsung hubungan Ibnu Grahan sebagai mantan pelatih di sana. Akan tetapi secara tiba-tiba terjadi pembatalan yang sekali lagi “katanya” pihak panpel di Sumbawa tidak siap , kejanggalan disini adalah mereka yang mengundang kok mereka yang tidak siap,belum ada konfirmasi resmi dari PS.Sumbawa Barat yang saya temukan di media.

Ujicoba yang jadi dengan tim luar yaitu saat melawan tim Divisi I Batam FC di Gelora Bung Tomo 1/12/2012 yang berakhir dengan 5-0 , hanya ditonton tidak sampai 1000 orang,suatu hal yang sangat jarang terjadi jika Persebaya ujicoba , ada apakah gerangan dengan semua ??

Jelang akhir tahun Persebaya mengikuti turnamen Piala Walikota Ternate yang diikuti 3 klub yaitu tuan rumah Persiter,PSM Makasar dan Persebaya sendiri. Hasil yang di dapat adalah kalah 1-0 vs Persiter dan menang 2-1 vs PSM Makasar . Hasil ini belum bisa membuat Persebaya juara karena PSM lah yang membawa pulang Piala Walikota Ternate ini. Hampir lupa rencana ujicoba dengan PSV dari Eredivisie pun terbang entah kemana padahal PSV akan mampir ke Thailand melawan Muang Thong United.

Kompetisi rencana akan dimulai tanggal 9 Februari 2013 sebulan lagi,tidak akan bahas masalah kontrak dan lain-lain di tim,akan tetapi saya malah menyoroti di saat mestinya latihan semakin keras Persebaya justru meliburkan pemain sampai jangka waktu yang hanya Tuhan dan pengurus yang tahu, ada apa ini kenapa jadi begini…..? Dibulan ini juga Ram Surahman selaku Coorporate Secretary menjanjikan akan melaunching tim sebelum memasuki kompetisi. Dengan alasan listrik mess belum hidup apakah berarti harus meliburkan latihan ? Bagaimana dengan kondisi VO2Max pemain yang dulu sudah parah apa tidak semakin parah dengan trus diliburkan?

Sebagai pecinta Persebaya apakah semua kita hanya akan menerima keadaan ??? Mari kita temukan cahaya terang buat menerangi gelapnya Persebaya kita , salam satu nyali …..wani!!

sumber foto : @fcpersebaya


No comments:

Post a Comment