Saturday, March 2, 2013

Suwe Ora Jamu ...Jamu Godhong Telo



Suwe ora jamu..jamu godhong telo Suwe ora ketemu ketemu pisan siji kosong ..


Penggalan lagu Jawa ini dulu sering dinyanyikan bonek kala Persebaya bertemu tim-tim dari Jawa Tengah semacam PSIS dan Persis Solo. Sore ini sepertinya “chant” dengan lirik ini pas juga di gaungkan di Gelora Krida Rembang saat tuan rumah Laskar Dampo Awang bertemu Persebaya dalam lanjutan kompetisi Liga Prima Indonesia musim 2013.

Laga kedua tim merupakan partai kedua setelah di partai pertama keduanya bertindak sebagai tuan rumah mampu membukukan kemenangan atas lawan-lawannya. Persebaya mengalahkan Bontang FC  di Gelora Bung Tomo dengan skor 5-0 sedangkan PSIR sebagai tim promosi berhasil mengalahkan Persema Malang 3-2 di Stadion Krida Rembang . Kemenangan PSIR ini menunjukkan betapa tangguh mental dan bagusnya permainan mereka setelah sebelumnya tertinggal dua gol di babak pertama.

Berbekal kemenangan besar dikandang sendiri Persebaya melalui pelatihnya Ibnu Grahan mengatakan sangat optimis akan meraih poin dikandang lawan dengan komposisi yang akan diturunkan tidak jauh berbeda dengan saat melawan Bontang minggu lalu. Formasi yang dipakai saat itu adalah 4-3-3 dengan Endra sebagai kiper didepannya ada empat pemain belakang Yusuf H di kanan Erol di kiri merangkap kapten ,keduanya mengapit dua bek tengan Goran Ganchev dan Fasta . Di lini tengah sepertinya akan tetap memasang Taufik , Jusmadi/Rendy dan Mario Karlovic yang di game pertama memborong dua gol. Di depan sepertinya Ibnu akan tetep percaya pada Soller yang musim ini memakai no 10 di samping Andik dan Halil di sisi sayapnya.

Karena ini partai tandang pertama sepertinya Ibnu akan cenderung memasang Jusmadi daripada Rendy Irwan untuk karena dia punya karakter bertahan lebih kuat untuk membantu Taufik melapis Mario yang lebih ke depan,disini sebenarnya ada Nkong tetapi karena kendala ITC yang belum turun Jusmadi berpeluang besar dipasang sebagai starter. Menarik disini adalah menguji duet baru Goran dan Fasta untuk kedua kali setelah sewaktu game pertama masih belum teruji. Sepeninggal Dutra ke Persipura sisi bek tengah memasang duet baru dengan mencadangkan Revelino Ardiles yang juga sangat bagus.Opsi Goran dan Fasta bisa dikombinasikan juga Goran dan Revelino. Untuk wing kanan kiri tidak berubah dari musim kemarin sudah sangat nyaman Yusuf di kanan dan Erol di kiri , di tengah bila opsi bermain lebih menyerang ada Bima Ragil eks PSID Jombang yang juga pemain timnas U-23 bisa menjadi alternative selain Rendy Irwan dan Aulia Ardi .Sedangkan di lini depan walau belum mencapai performa seperti musim lalu sepertinya Soller akan starter dilapisi Aris “sinchan” dan Rian Wahyu. Didukung oleh sayap kanan Andik dan Halil dikiri dan masih ada si supersub di bench pada diri Feri Ariawan yang juga memborong dua gol di game pertama.

Ini adalah game tandang pertama dan dengan beberapa pemain yang sudah berpengalaman semestinya tidak ada demam lapangan lagi bagi tim ini , yang menjadi kekhawatiran saya adalah kondisi lapangan yang tidak sebagus GBT yang rata belum lagi bila sore nanti hujan. Seperti kita ketahui bersama para pemain Persebaya kesulitan jika bermain di lapangan yang kurang bagus karena pola permainan yang mengandalkan umpan pendek menyusur tanah. Hal ini pernah terjadi saat ujicoba di turnamen walikota Ternate di stadion Kei Raha. Beberapa pemain pun mengakui akan hal itu bahwa mereka lebih percaya diri bila lapangan bagus.

Meminjam istilah Liverpool dan Kopites “ YOU WILL NEVER WALK ALONE “ satu hal yang pasti Persebaya tidak akan berjuang sendirian dimanapun berada,beberapa rombongan bonek sudah mulai berangkat menuju Rembang Jumat pagi 01 Maret 2013 sampai subuh tadi pagi pun masih ada beberapa rombongan kecil yang berangkat kesana. Sebenarnya walau bukan secara resmi rekan seporter Rembang Ganster telah menghimbau bonek tidak datang dengan asumsi kapasitas stadion Krida yang hanya bisa menampung 11 ribu penonton.

Selamat bertanding dan kalian tidak berjuang sendirian di lapangan…. Persebaya Emosi Jiwaku !!

*sumber foto dari google

No comments:

Post a Comment