Monday, March 18, 2013

Persebaya tanpa legiun asing ? Wani !


Konggres Luar Biasa PSSI telah berakhir kemarin Minggu 17 Maret 2013 yang semua keputusannya sudah kita ketahui bersama. Hal yang lain kompetisi Liga Prima yang sudah berjalan dan rata-rata klub telah bermain tiga kali akan segera bergulir lagi tak terkecuali Persebaya Surabaya.

Setiap game yang telah dilangsungkan tiap klub biasanya bisa dilihat gambaran formasi ideal dan susunan pemain utama yang akan dijalani di musim ini. Persebaya Surabaya dalam tiga laga awal memainkan komposisi yang hampir sama yaitu 4-3-3 .
Formasi di laga awal melawan Bontang FC 24 Februari 2013 di Gelora Bung Tomo menampilkan susunan :


Dengan komposisi diatas dan bertindak sebagai tuan rumah bermain agresif dan menghasilkan lima gol tanpa balas yang di borong oleh Karlovic dan Feri A masing-masing dua gold an satu gol lagi oleh Andik Vermansah. Feri Ariawan baru masuk sebagai pemain pengganti menit ke 65 menggantikan Yusuf Hamzah dan mendorong Mat Halil ke posisi belakang.

Formasi dan susunan pemain sama persis kembali di terapkan Ibnu Grahan sebagai pelatih kepala saat away ke tim promosi PSIR Rembang di stadion Krida Rembang 2 Maret 2013. Dengan optimisme tinggi pelatih berharap bisa membawa hasil yang positip dari Rembang. Tapi tuan rumah yang sebelumnya mengalahkan Persema Malang dengan Cristian Lenglolo masih jadi target man tunggal, disokong gelandang mobile macam Chanif Muhajirin, Ranu Tri Sasongko dan Zaenal Arifin. Kande Lansana, pemain asal Guinea, menjaga benteng pertahanan bersama Abdul Latif, Joned, serta Heru Wibowo dan gelandang  berpengalaman Epala Pello Benson berhasil menahan ambisi Persebaya dengan hasil 0-0.

Pertandingan ketiga Persebaya adalah away ke Malang 6 Maret 2013 melawan tuan rumah Persema di stadion Gajayana Malang. Disini ada beberapa perubahan komposisi pemain oleh Ibnu Grahan walau secara formasi masih tetap dengan dasar 4-3-3.

Berikut susunan dan formasi tersebut :



Kita tahu setiap laga melawan tim Malang selalu alot dan sudah lama Persebaya tidak mampu membawa pulang poin baik saat melawan Persema maupun Arema. Tapi kali ini tim ini berhasil membawa pulang tiga poin melawan pasukan muda Bledek biru lewat gol tunggal penyerang bernomor #10 di menit ke-10 yang menjadikan skor akhir 0-1 untuk kemenangan tim tamu.

Dalam tiga game diatas Persebaya masih bisa diperkuat legion asingnya Goran Ganchev , Karlovic dan Soller ,sementara untuk NKong belum bisa turun karena masalah administrasi ITC belum beres. Untuk game berikutnya yaitu partai home di Surabaya ( kalau ada/dapat ijin pihak keamanan) 26 Maret 2013 Persebaya akan menjamu tetangga lain yaitu Persibo Bojonegoro ,tim yang juga masih banyak masalah internal dan baru saja dibantai 7-0 di Solo di AFC Cup oleh tim New Radiant dari Maldives.
Masalah timbul di game selanjutnya semua pemain asing tidak bisa bermain karena akumulasi kartu kuning dan kartu merah,otomatis Ibnu Grahan harus meracik ulang komposisi standar yang akan dimainkan. Dengan materi yang sebenarnya tidak jauh berbeda dan rasa saling mengerti diantara mereka yang baik Ibnu Grahan akan lebih mudah meraciknya. 
Berikut prakiraan susunan dan formasi tanpa pemain asing yang bisa di coba :


Perubahan pertama sudah dicoba di posisi kiper Dedi Iman sudah sangat terbukti mampu menjaga gawang sejauh ini masih belum kebobolan alias Clean sheet . Sebagai pengganti Goran pastinya akan dipasangkan Revelino berduet dengan Fasta. Revelino selama ini menjadi pemain inti pasangan ideal Dutra dan sekarang tergantikan oleh Fasta. Menarik lihat dua pemain muda berpasangan ini yang bisa jadi akan menjadi duet masa depan Persebaya.

Diposisi wing tetap memasang kapten Erol di kiri dan Yusuf Hamzah di kanan, sementara Halil bisa diistirahatkan atau disiapkan sebagai pengganti pemain tengah. Posisi tengah yang ditinggal Karlovic akan ditempati oleh Rendi Irwan dengan menggeser Taufik lebih kedalam berdampingan dengan Jusmadi dan disisi kiri ada Feri Ariawan ataupun Halil.

Posisi di depan empat pemain tengah bisa ditempatkan Andik V sebagai pemain bebas di belakang striker yang ditempati Aris “sinchan” Alfiansah sebagai pengganti Soller. Dengan formasi 4-4-1-1 disini duet Taufik – Jusmadi akan menjadi kunci alur bola dan benteng pertahanan pertama sebelum langsung berhadapan dengan duet bek tengah Fasta-Revelino.

Ujian Persebaya tanpa pemain asing akan dimulai saat melawan Persibo nanti dengan catatan NKong masih belum beres ITC nya,bila sudah ada maka dia bisa berpeluang main menggantikan Jusmadi. Melihat keadaan Persibo yang masih belum solid rasanya dimanapun nanti main Persebaya tetap akan meraih tiga poin.

Harapan lain bonek masih bisa melihat game ini dimanapun Persebaya akan bermain. #wani

No comments:

Post a Comment